TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips dan Trik Melakukan Berbagai Hal Sendiri, Nikmati Proses!

Rayakan setiap pencapaianmu

ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Antoni Shkraba)

Intinya Sih...

  • Kemandirian penting untuk memperkuat diri dan meningkatkan kepercayaan diri
  • Mulailah dengan tugas-tugas kecil dan mudah sebelum mencoba hal-hal besar
  • Manfaatkan sumber daya seperti internet untuk belajar keterampilan baru

Ada orang terbiasa mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan hampir segala aspek dalam kehidupannya. Ada pula orang berusaha untuk melakukan berbagai hal sendiri.

Mereka tidak mengandalkan orang lain atau menggantungkan hidupnya pada orang lain. Meski manusia pada dasarnya diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan berarti hal tersebut membuat manusia bergantung pada orang lain.

Kemandirian justru menjadi hal penting karena akan membuat kamu lebih tangguh dan percaya diri. Supaya kamu tidak terbiasa mengandalkan orang lain, berikut lima tips dan trik untuk melakukan berbagai hal sendiri.

1. Memulai dari hal-hal kecil atau sederhana

Untuk bisa memulainya, jangan langsung mencoba hal-hal besar atau kompleks. Langsung mencoba proyek rumit justru akan membuatmu kewalahan. Kerjakanlah hal-hal kecil yang mudah terlebih dahulu.

Misalnya, mengganti bohlam lampu, menjahit baju robek, atau memompa ban yang kempes. Menyelesaikan hal-hal kecil, kamu bisa mendapatkan rasa puas dan percaya diri. Hal tersebut membuat kamu termotivasi untuk mencoba hal-hal lain hingga hal-hal besar.

2. Mencari informasi maupun tutorial

Misalnya, kamu ingin mengedit video yang menarik. Jangan menanyakan terlebih dahulu kepada orang lain yang kamu anggap cakap. Cobalah mencari informasi atau tutorial di internet.

Internet menyajikan sumber informasi luar biasa. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan tutorial yang kamu inginkan dan mengimplementasikannya. Manfaatkan sumber daya ini untuk mempelajari berbagai keterampilan baru dan meningkatkan kemampuanmu.

Baca Juga: 5 Suka Duka Berteman dengan Si Pemendam Perasaan, Siapkan Mentalmu!

3. Berani mencoba tanpa takut gagal

Ketakutan akan kegagalan menghambat kemajuan seseorang, lho. Ketika kamu tidak yakin dengan diri sendiri atau takut mengecewakan orang lain, hal tersebut bisa membentuk ketakutan yang kamu rasakan sekarang.

Alih-alih merasa takut tidak bisa mengerjakan suatu hal dengan baik, maksimalkanlah apa yang kamu mampu dengan berani mencobanya. Tidak apa jika kamu mengalami kesalahan atau kegagalan, sebab hal tersebut bagian dari proses belajar.

Jangan langsung berkecil hati ketika kamu tidak berhasil. Teruslah berlatih agar kamu semakin mahir.

4. Meminta bantuan saat memang benar-benar diperlukan

Ketika kamu berusaha melakukan suatu hal sendiri, tetapi kamu menemukan kesulitan saat prosesnya, mintalah bantuan kepada orang lain. Mandiri bukan berarti kamu benar-benar tidak membutuhkan bantuan orang lain.

Mandiri berarti kamu mampu mengurus diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupanmu. Justru, ketika kamu bersedia menerima bantuan dari orang lain, hal tersebut menunjukkan kamu cerdas dan dapat menilai situasi.

Berani meminta bantuan mencerminkan kamu tidak takut mengakui kekurangan di samping yakin dengan kemampuan diri sendiri. Kamu bisa meminta bantuan kepada orang telah berpengalaman untuk menyelesaikan tugas rumit atau berbahaya.

Verified Writer

Riani Shr

Writing for healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya