Comscore Tracker

Kisah Chef Juna, Mau Jadi Pilot tak Punya Uang, Beralih ke Dunia Masak

Cerita unik di balik perjalanan kariernya menarik disimak

Nama Chef Juna dikenal di seluruh Nusantara setelah membintangi MasterChef Indonesia sebagai juri utama. Chef  kelahiran 1975 ini menarik perhatian khalayak ramai, karena komentarnya yang jujur, tapi pedas menusuk.

Berbagai cerita unik di balik perjalanan kariernya selama menjadi chef selalu menarik untuk diulas. Penasaran? Yuk, simak kisah lengkap Chef Juna melalui biografi di bawah ini!

1. Biodata Chef Juna

Kisah Chef Juna, Mau Jadi Pilot tak Punya Uang, Beralih ke Dunia Masakinstagram.com/junarorimpandeyofficial

Nama: Junior John Rorimpandey

Tempat dan tanggal lahir: Manado, 20 Juli 1975

Agama: Kristen

Akun Instagram@junarorimpandeyofficial

2. Kisah di balik Chef Juna yang tak sengaja terjun ke dunia kuliner

Kisah Chef Juna, Mau Jadi Pilot tak Punya Uang, Beralih ke Dunia Masakinstagram.com/junarorimpandeyofficial

Kesuksesannya tak dicapai dengan jalan mulus. Lelaki kelahiran 1975 itu sempat kuliah di Jurusan Perminyakan, Universitas Trisakti. Namun, tak rampung. 

Ia pun pernah mengalami kekerasan hingga overdosis, karena sempat terjerumus di pergaulan yang kurang tepat. Keinginannya untuk berubah jadi lebih baik sangat kuat, hingga akhirnya ia memutuskan pindah ke Amerika Serikat. Bukan menjadi koki, tetapi justru mendapatkan lisensi pilot. 

Saat perjalanan menjadi pilot, ia terhalang masalah keuangan. Gak ambil pusing, ia bekerja menjadi pelayan restoran Jepang. Sang koki kala itu menawarinya untuk jadi murid. Dari situlah ia mendalami dunia kuliner. 

3. Kiprahnya menjadi chef semakin gemilang

Kisah Chef Juna, Mau Jadi Pilot tak Punya Uang, Beralih ke Dunia Masakinstagram.com/junarorimpandeyofficial

Perlahan tapi pasti, Chef Juna semakin menyelami dunia kuliner dengan menjadi head chef di restoran tempatnya bekerja. Pada 2003, dia berhasil menjadi Executive Chef di restoran sushi ternama, yakni Uptown Sushi.

Bosan dengan masakan Jepang, ia bekerja di restoran khas Prancis yang terkenal sangat disiplin. Sepulang dari Amerika Serikat, ia menjadi Executive Chef di restoran Jack Rabbit hingga 2011. 

Baca Juga: Biografi dan Profil Rudy Choirudin, Pelopor Entertainer Chef Pria

4. Namanya melambung lewat acara MasterChef Indonesia

Kisah Chef Juna, Mau Jadi Pilot tak Punya Uang, Beralih ke Dunia Masakinstagram.com/junarorimpandeyofficial

Pada tahun 2011, MasterChef Indonesia dimulai dengan Chef Juna sebagai juri utamanya. Gak hanya season pertama, ia kembali menjadi juri pada season 2, 5, dan 6. Namanya pun melambung melalui acara memasak yang disaksikan sebagian besar warga Indonesia ini. 

Chef Juna meraih perhatian karena sifatnya yang tegas, disiplin, dan profesional soal dunia kuliner. Penampilannya yang nyentrik dengan banyak tato pun kerap "menghipnotis" para penontonnya. Gak sekadar komentar pedas, Juna juga kerap mengajarkan teknik dan metode memasak yang harus dikuasai peserta. 

5. Berbagai usaha kuliner yang pernah dibuka Chef Juna

Lelaki kelahiran Manado ini sempat membuka restoran bernama Correlate di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Temanya mengusung konsep masakan ala Jepang dan Prancis yang disajikan dengan sangat mewah. Sayangnya, restoran ini berakhir pada 2017 lalu.

Kini, dia masih mengurus bisnis kuliner lainnya bernama Gogo Ramen yang berada di Transpark Bintaro Mall, Tangerang Selatan, Banten. Kisaran harganya mulai dari Rp20-50 ribu, lho!

Itulah biografi dan perjalanan karier Chef Juna yang dimulai dengan ketidaksengajaan. Semoga menginspirasimu dalam mencapai cita-cita juga ya.

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/biografi-dan-profil-chef-juna

Baca Juga: Biografi Chef Arnold Poernomo, Kesuksesannya Berawal dari Cuci Piring

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya