Comscore Tracker

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal  

Mulai dari Bon Jovi, Guns n' Roses sampai Nirvana

Sepanjang sejarah, beberapa band rock terkenal seperti The Beatles, Pink Floyd, sampai Pearl Jam telah memenuhi harapan para kritikus musik, melampaui hype dan menyatu dengan budaya populer. Berbeda dengan band-band tersebut, beberapa band lainnya justru dianggap terlalu komersil atau terlalu dilebih-lebihkan oleh media.

Berikut 7 band yang sering dianggap overrated oleh para kritikus dan para penggemar musik rock sendiri.

1.  AC/DC

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   newyorker.com

Para penggemar dan kritikus musik rock mungkin setuju dengan fakta kalau AC/DC dapat terus membuat lagu-lagu yang hanya bermodalkan tiga akord dan riff saja. Bahkan, banyak kritikus yang menyebut AC/DC sebagai band yang mencoba meniru rock dan mengubahnya menjadi komoditas pasar, sehingga mereka dapat muncul dalam game Guitar Hero.

Bagi mereka, AC/DC dapat digunakan untuk merepresentasikan genre rock ke orang-orang yang baru mengenal musik rock. Namun, tidak ada alasan yang kuat untuk menempatkan mereka sebagai band yang ikonik dan berpengaruh dalam sejarah musik rock.

2. Bon Jovi

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   rollingstone.com

Bon Jovi adalah band hairy rock yang eksis sejak tahun 80-an dan sangat loyal dengan ciri khas bermusik mereka. Tidak dapat dipungkiri kalau mereka selalu membuat pola berulang di setiap lagu mereka, sampai-sampai semuanya terdengar mirip.

Bahkan, dalam sebuah wawancara untuk majalah Rolling Stone, keyboardis Bon Jovi, David Bryan, menyatakan kalau mereka tidak akan pernah membuat album eksperimental karena takut dianggap "egois" oleh para penggemarnya.

Bryan juga mengatakan kalau Bon Jovi mendedikasikan lagu-lagunya untuk para penggemarnya, sehingga ia tidak mau mengecewakan mereka dengan memasukkan formula baru ke dalam gaya bermusik mereka. Oleh karena itu, banyak pengamat musik rock menganggap Bon Jovi overrated karena gaya bermusik mereka yang stagnan.

3. U2 

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   time.com

Pada zaman keemasannya (tahun 80-an), band asal Irlandia ini sering dianggap oleh banyak kritikus sebagai band yang sangat imajinatif dan sering disebut sebagai band "spesialis" live di stadiun.

Namun sekarang, gaya bermusik yang mereka bawakan dalam lagu-lagu terbarunya tampak stagnan dan justru lebih condong ke genre trance daripada rock. Jadi, wajar saja kalau para fans musik rock menganggap kalau U2 adalah band yang terlalu dilebih-lebihkan saat ini. 

4. Green Day 

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   greenday.com

Walau berat untuk mengatakannya, nyatanya Green Day sudah menjadi band yang overrated sejak mereka memasuki abad ke-21. Sebelum melejit lewat album American Idiot, Green Day adalah band yang berhasil memadukan punk murni dengan melodi "lezat" di dalam lagu-lagunya, seperti Brain Stew atau Good Riddance.

Namun setelah melejit di tahun 2004, mereka tidak lagi menjadi band yang eksperimental dan mulai main aman. Sekarang, Green Day tidak lagi menjadi sebuah entitas dalam musik rock dan hanya diakui karena penampilan live-nya yang masih memukau.

5. Guns N 'Roses 

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   radiox.co.uk

Kalian pasti bertanya-tanya, mengapa banyak orang yang menyukai Guns n' Roses? Walau terdengar klise, beberapa orang menyukai band ini karena permainan gitar Slash dan suara lengkingan milik Axl Rose. Namun, jangan lupakan fakta kalau Axl Rose adalah salah satu vokalis hairy rock yang terlalu dibesar-besarkan oleh media pada tahun 90-an.

Selain itu, kepribadian buruk Axl lah yang telah memecah belah band ini di akhir tahun 90-an. Saat ini, penampilan panggung Axl  sudah tidak layak untuk ditonton. Suaranya cenderung fals dan ia terlihat sangat memaksakan diri.

Melihat semua alasan tersebut, muncul lah sebuah pertanyaan, bagaimana bisa Guns n' Roses dikenal sebagai salah satu band yang memiliki pengaruh terbesar dalam dunia rock?

Slash mungkin adalah gitaris yang hebat, tetapi secara individual ia tidak bisa membuat lagu yang bagus. Guns n' Roses mungkin pantas disebut dengan "guitar band" yang layak untuk didengarkan, tetapi sebagai musisi yang sering dianggap ikonik mereka tidak bisa berbuat lebih banyak dengan gaya bermusik mereka yang begitu-begitu saja.

6. Nickelback 

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   rockantenne.de

Singkatnya, Nickelback adalah sebuah band yang "meniru" genre grunge dan, hebatnya, berhasil menjual 8 juta album pop-nya yang sangat amat mainstream. Anehnya, singel-singel populer mereka juga menjadi favorit para pendengar radio pada saat itu.

Nickelback sendiri mendapatkan ketenaran lewat ketidakorisinalan gaya bermusiknya yang tentu saja dinilai tidak adil jika dibandingkan dengan karya-karya buatan musisi indie yang sedang berjuang di klub-klub kecil.

Lalu, bagaimana bisa band ini mendapatkan begitu banyak kredit dalam dunia rock? Well, mungkin hal itu tetap menjadi salah satu misteri terbesar yang tidak akan terpecahkan dalam waktu dekat.

7. Nirvana 

7 Band Rock Sering Dianggap 'Overrated', Padahal Mereka Terkenal   radiox.co.uk

Mungkin kalian kaget ketika melihat Nirvana dalam daftar ini. Pertanyaannya adalah, mengapa band sebesar dan seikonik Nirvana bisa dianggap overrated? Okay, berikut penjelasannya.

Tidak dapat dipungkiri kalau Kurt Cobain adalah seorang musisi dan penulis lagu terhebat di masanya, terlebih karena ia bisa menyajikan musik grunge kepada khalayak umum. Selain itu, Nirvana juga dapat memberikan penampilan live yang sangat mencekam seperti yang telah mereka perlihatkan dalam acara MTV Unplugged.

Namun tak lama setelah kematian Cobain, Nirvana bubar. Setelahnya, Nirvana justru dijadikan komoditas yang bisa kita lihat dalam bentuk t-shirt atau gaya berpakaian grunge. Tentu saja, hal ini sangat dibenci oleh Cobain sepanjang hidupnya, yang ia sebut sebagai "cock rock."

Tak hanya itu, kematian Cobain yang seolah-olah menjadi martir di mata para penggemarnya sering disalahtafsirkan dan dianggap sebagai akhir yang melankolis bagi seorang pria.

Sedangkan untuk pengaruh dalam dunia rock sendiri, ada Pearl Jam yang lebih berkontribusi dalam pengembangan genre grunge sampai detik ini. Sejujurnya, di antara keempat "King of Grunge" — Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden, Alice in Chains — mereka lah yang paling konsisten untuk mempertahankan eksistensi aliran musik asal kota Seattle ini.

Cobain sangat membenci popularitas, tetapi jutru popularitas lah yang sangat melekat pada Nirvana dan dirinya selama beberapa dekade setelah kematiannya. Tentunya, ia sendiri akan setuju kalau Nirvana telah menjadi band yang overrated dalam sejarah musik rock.

Nah, itu tadi 7 band yang dianggap overrated oleh para kritikus dan penggemar musik. Setuju atau tidak, semua dikembalikan kepada keputusan pembaca masing-masing. Jadi, bagaimana pendapatmu? Apakah band di atas memang pantas atau tidak pantas disebut overrated? Jelaskan di kolom komentar ya!

Baca Juga: Kilas Balik, 10 Potret Kurt Cobain di Atas Panggung yang Melegenda

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Shandy Pradana di IDN Times Community dengan judul Meski Terkenal, 7 Band Rock Ini Sering Dianggap 'Overrated' Lho!  

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya