Comscore Tracker

Gak Cuma Jago Akting, 5 Aktris Korea Ternyata Pernah Jadi Sutradara Film

Bisa tebak siapa saja? #WaktunyaKorea

Bagi pecinta drama atau film Korea pastinya sering melihat aksi para aktris saat memainkan peran. Namun, tak hanya menjadi orang di depan layar. Beberapa aktris pun mencoba bagaimana rasanya di belakang layar sebagai sutradara. Tak hanya itu, beberapa bahkan memiliki tugas ganda sebagai orang di depan kamera juga. 

Lantas, siapa saja aktris yang juga pernah menjajal jadi sutradara film? Let's check this out!

1. Bang Eun Jin

Gak Cuma Jago Akting, 5 Aktris Korea Ternyata Pernah Jadi Sutradara Filmkor.theasian.asia

Usianya memang sudah tidak muda lagi, namun kariernya semakin menanjak di dunia akting. Ia bahkan ikut memperlihatkan kemampuannya sebagai sutradara.

Berawal dari tahun 1993, Bang Eun Jin masih aktif di dunia akting. Ia pun pernah tampil di drama Crash Landing on You.

Dikutip dari laman Indiestory, film pendek yang pernah dibuatnya telah meraih beberapa penghargaan, seperti Ain't No Maid (2004, durasi 13 menit) dan Blue Birds on the Desk (2008, durasi 29 menit).

Ia juga pernah memproduksi beberapa film dengan durasi yang lebih panjang, seperti Princess Aurora (2005), If You Were Me 4 (2008), dan Method (2017). Filmnya yang berjudul Princess Aurora berhasil membuatnya mendapatkan tiga penghargaan kategori sutradara baru terbaik.

2. Moon So Ri

Gak Cuma Jago Akting, 5 Aktris Korea Ternyata Pernah Jadi Sutradara Filmnewstomato.com

Aktris berusia 47 tahun ini namanya semakin populer setelah membintangi film Oasis pada tahun 2002 sebagai pemeran utama. Dari film ini, Moon So Ri memperoleh sembilan penghargaan sebagai aktris terbaik. Tahun 2020, ia pun masih tampil di The School Nurse Files berperan sebagai teman Jung Yu Mi.

Keahliannya dalam berakting, tak membuat dia puas. Dia menjadi sutradara, penulis, dan pemeran utama dalam film The Running Actress pada tahun 2017. Dilansir dari laman Korean Movies DB, film yang mengangkat seputar kehidupan mantan artis dengan berbagai persoalan kehidupan mampu meraih dua penghargaan.

Baca Juga: Demi Peran 10 Artis Drama Korea Rela Menambah Berat Badan 

3. Yoon Eun Hye

Gak Cuma Jago Akting, 5 Aktris Korea Ternyata Pernah Jadi Sutradara Filminstagram.com/y1003_grace

Mantan personel Baby Vox ini kariernya semakin melejit setelah dia menjadi pemeran utama di drama Korea Princess Hours pada tahun 2006. Berbagai penghargaan yang dia peroleh.

Cewek Virgo berusia 37 tahun ini mencoba peruntungannya sebagai sutradara film pendek. Dilansir dari laman Hancinema dan Soompi, film yang berjudul The Knitting masuk kategori Wide Angle Korean Short Films di The 17th Busan International Film Festivalpada tahun 2012.

Kemudian pada tahun 2015, dia tampil lagi sebagai sutradara film pendek Red Eye dengan durasi 22 menit. Film ini menceritakan tentang pengasuh yang semakin tertekan akibat dipasang kamera pengintai oleh orang tua anak yang diasuhnya. Film ini berhasil masuk kategori Wide Angle Korean Short Films di The 20th Busan International Film Festival.

4. Goo Hye Sun 

Gak Cuma Jago Akting, 5 Aktris Korea Ternyata Pernah Jadi Sutradara Filminstagram.com/kookoo900

Mulai dari pencipta lagu, penyanyi, penulis, pelukis, dan merambah ke dunia akting, semua bisa dilakukan oleh Goo Hye Sun. Di samping dia menjadi pemain dalam sebuah drama dan film, dia juga pernah bertindak sekaligus menjadi sutradara. 

Tahun 2010, ia pernah mendapatkan penghargaan di acara 12th Short Shorts Film Festival & Asia. Hal ini dikarenakan film pendek garapannya, The Madonna berhasil meraih Spotlight Award.

Film Daughter tahun 2014 adalah film yang disutradarai dan diperankan olehnya. Film ini diundang di acara Busan International Film Festival pada tahun 2014.

Tidak hanya itu, dia pernah dipercayai oleh sebuah brand smartphone terkenal untuk membuat film pendek yang berjudul White Dog.

5. Lee Ga Kyung

Gak Cuma Jago Akting, 5 Aktris Korea Ternyata Pernah Jadi Sutradara Filminstagram.com/_gakyung_

Aktris berusia 34 pernah membuat sebuah film pendek yang berjudul The House of Rising Sun dengan durasi 17 menit pada tahun 2019. Film yang diputar di Ulju Mountain Film Festival mengisahkan tentang seorang gadis yang ingin meraih mimpinya sebagai penari balet.

Sayangnya, gadis tersebut mengalami berbagai kendala soal tradisi dan masalah keluarga. Namun, di ujung cerita gadis ini yang bisa menyatukan keluarga yang tadinya pecah.

Itulah lima aktris Korea yang pernah menjadi sutradara film. Tidak hanya jago dalam berakting, mereka pun bisa membuktikan kemampuan di balik layar.

Baca Juga: Dicintai Penggemar, Deretan 8 Artis Korea Punya Haters Sedikit!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Dyan Yudhistira di IDN Times Community dengan judul Gak Hanya Jago Akting, 5 Aktris Korea Ini Pernah Jadi Sutradara Film

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya