Comscore Tracker

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit Wajah

Bisa menghilangkan bintik hitam pada wajah!

Air bekas cucian beras biasanya selalu dibuang. Apabila kamu selama ini selalu membuang air bekas cucian beras, sebaiknya pertimbangkan kembali kebiasaan tersebut. Itu karena, air yang sering kali dianggap kotor ini justru mengandung beragam manfaat yang baik untuk wajah lho.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan gamma-oryzanol . Kandungan itu  dipercaya mampu melindungi kulit dari berbagai masalah dan kerusakan. Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat air beras, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mencegah penuaan dini

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit WajahUnsplash.com/@speckfechta

Manfaat air beras yang pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini diyakini karena air beras memiliki kandungan vitamin E yang efektif untuk mencegah penuaan dini.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam air beras juga diyakini dapat menjaga elastisitas kulit. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan air cucian beras ke permukaan wajah secara rutin dan teratur.

2. Mencerahkan kulit

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit Wajahpexels.com/@olly

Kandungan gamma-oryzanol dalam air beras ternyata memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Hal ini karena kandungan tersebut diketahui mampu membantu mencerahkan serta menjaga kesehatan kulit wajah.

Nah, untuk menggunakannya kamu hanya perlu mencuci wajah dengan air beras secara rutin. Mudah banget, kan?

3. Mengatasi jerawat

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit Wajahpexels.com/@ekaterina-bolovtsova

Air bekas cucian beras ternyata juga memiliki kandungan allantoin yang merupakan senyawa antibakteri untuk menenangkan kulit berjerawat. Kandungan tersebut pun diyakini sangat efektif untuk mengontrol minyak pada kulit sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan tidak berminyak.

Selain itu, kandungan tersebut pun dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik pada kulit. Sayangnya, efektivitas air beras untuk hal yang satu ini masih belum jelas dan membutuhkan penelitian lebih mendalam.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Brand Skincare untuk Glass Skin ala Korea

4. Mencegah radikal bebas dan sinar UV

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit Wajahpexels.com/andrea-piacquado

Manfaat lain dari air beras adalah mampu mencegah paparan sinar uv dan radikal bebas pada kulit. Hal ini karena air beras mengandung vitamin A dan C yang berfungsi efektif untuk mencegah radikal bebas. Selain itu, ada pula kandungan anti-oksidan yang dapat mencegah kulit mengalami dehidrasi.

5. Menghilangkan bintik hitam

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit Wajahpexels.com/Andrea Piacquadio

Selain mencegah radikal bebas dan paparan sinar uv, air cucian beras juga memiliki fungsi untuk menghilangkan bintik hitam yang berada di wajah. Kandungan vitamin E dan gamma-oryzanol dalam beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit sehingga flek hitam akan memudar.

6. Meredakan iritasi dan radang pada kulit wajah

Jangan Dibuang! Ada 6 Manfaat Air Bekas Cucian Beras untuk Kulit Wajahpexels/Andrea Piacquadio

Sifat air beras yang dingin ternyata juga ampuh digunakan untuk menenangkan kulit yang radang dan iritasi. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan air beras pada daerah kulit yang mengalami ruam atau peradangan. 

Selain itu, kandungan pati dalam air cucian beras juga dapat mengurangi efek luka bakar pada kulit. Sangat bermanfaat sekali, bukan?

Itulah enam manfaat air beras yang baik bagi kulit wajah. Tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Wajah Glass Skin agar Sebening Cewek Korea

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya