Comscore Tracker

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti Gagal

Yuk bisa yuk!

Kuliner satu ini ada berbagai jenis nama berdasarkan daerah. Misalnya, terang bulan hingga kue bandung dan paling umum adalah martabak manis. Makanan yang kerap ditemui di pinggir jalan ini biasanya hadir dengan aneka topping yang lezat. Gak jarang banyak orang yang kemudian tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Namun, sering kali mereka menjumpai problem yang sama yakni keras, bantat dan juga gak bersarang sama sekali. Nah, buat kamu yang pernah mengalami hal serupa ada baiknya simak beberapa tips berikut supaya martabak manis buatanmu gak gagal lagi.

Penasaran apa saja tipsnya? Let’s check this out!

1. Pilih jenis tepung yang tepat

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti GagalIlustrasi tepung terigu (Pexels.com/Klaus Nielsen)

Ada 3 jenis tepung yang dengan mudahnya kamu jumpai di pasaran. Salah satu jenis tepung yang paling baik untuk membuat martabak manis adalah jenis tepung terigu protein sedang. Tepung ini biasanya disebut juga sebagai tepung terigu serbaguna.

Pasalnya tepung terigu protein sedang bisa digunakan untuk membuat aneka jenis makanan mulai dari kue basah hingga cake sekalipun. Usahakan untuk mengayaknya terlebih dahulu ya agar gak ada bagian yang mengumpal.

2. Gunakan baking soda

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti GagalIlustrasi baking soda (Pexels.com/Kaboompics.com)

Salah satu rahasia agar martabak manis bisa bersarang adalah dengan menambahkan baking soda. Baking soda punya nama lain soda kue di pasaran. Jadi, kamu gak perlu bingung lagi ya saat mencari bahan yang satu ini toko kue.

Jangan sampai dilewati ya bahan yang satu ini. Karena bagaimana kamu bisa mengharapkan martabakmu akan mengembang kalau kamu saja gak menambahkan baking soda dalam adonan martabak yang akan kamu buat?

Baca Juga: Lima Rumah Makan Padang Terenak di Bandar Lampung

3. Aduk secara merata

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti GagalIlustrasi mengaduk adonan (Pexels.com/ Felicity Tai)

Kamu bisa mengaduk martabak manis menggunakan whisk atau dengan sendok. Hanya saja waktu yang diperlukan agar adonan tercampur sempurna butuh waktu yang cukup lama.

Namun, bila kamu khawatir adonan kurang merata bisa juga lho menggunakan bantuan mixer. Karena dengan menggunakan mixer, adonan yang kamu siapkan akan jauh lebih cepat dan tercampur rata. Pastikan untuk menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah, ya.

4. Jangan lupa untuk mengistirahatkan adonan

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti GagalIlustrasi mengistirahatkan adonan (Pexels.com/Eva Elijas)

Agar adonan empuk kamu wajib untuk mengistirahatkan sebentar adonanmu. Selain itu mengistirahatkan adonan juga berfungsi untuk mengaktifkan senyawa yang ada pada baking soda agar adonan martabak manis kamu bisa mengembang. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan adonan adalah selama kurang lebih 60 menit.

5. Masak dengan api kecil hingga sedang

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti GagalIlustrasi memasak dengan api kecil hingga sedang (Pexels.com/Cottonbro)

Penggunaan api pada proses pembuatan martabak manis ternyata berdampak pada berhasil atau tidaknya adonan yang telah kita buat, lho.

Jika menggunakan api terlalu kecil berpotensi untuk membuat martabak menjadi bantat. Sementara, bila menggunakan api terlalu besar justru malah akan membuat martbak cepat gosong. Untuk itu perlu banget memperhatikan besar kecilnya api yang kamu gunakan.

6. Tuang saat teflon sudah panas

Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti GagalIlustrasi adonan martabak manis di dalam teflon (instagram.com/dapuralmahyra)

Cara paling sederhana untuk mengecek apakah teflon sudah panas atau belum adalah dengan memercikkan beberapa tetes air ke atas teflon. Apabila air yang kamu percikkan langsung surut dan menguap maka tandanya teflon sudah panas dan siap digunakan untuk memanggang adonan.

Agar matang dengan sempurna jangan masukkan adonan terlalu banyak, ya. Cukup tuang beberapa saja dan apabila menginginkan hasil yang crispy dibagian tepi bisa kamu ratakan dengan menggunakan sendok sayur atau menggoyangkannya.

Jangan lupa tambahkan juga topping favoritmu saat martabak matang. Selamat mencoba, ya. Nah, demikian tadi beberapa tips membuat martabak manis yang empuk dan bersarang. Dijamin setelah ini bakal anti gagal, deh. 

Baca Juga: Intip Pembuatan Lapis Legit Lampung, Berat Satu Loyang 4 Kg! 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul Anti Gagal, Ini 6 Tips Membuat Martabak Manis yang Empuk dan Bersarang

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya