Comscore Tracker

Enak dan Anti Gagal! 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McD

Gak pake ribet!

Camilan kentang goreng salah satu menu wajib tersedia di kafe atau restoran cepat saji. Salah satu restoran cepat saji yang memiliki camilan kentang goreng dengan rasa yang lezat adalah McD.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba membuat kentang goreng ala McD di rumah wajib banget untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini supaya gak gagal. Kira-kira apa saja ya tips yang dimaksud? Cari tahu sama-sama, yuk.

1. Pilih kentang yang baik

Enak dan Anti Gagal! 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McDIlustrasi gambar kentang yang dikupas (Unsplash.com/Peter Schad)

Agar menghasilkan kentang goreng yang enak dan anti gagal, pastikan untuk memilih kentang dengan kondisi yang baik. Baik di sini berarti sudah matang dengan sempurna dan gak memiliki cacat di berbagai sisi bahkan busuk.

Usahakan kupas menggunakan pisau khusus atau yang biasa dikenal dengan peeler, ya. Karena alat ini membantu mempermudah dalam mengupas kentang. Selain itu kupasan yang dihasilkan jauh lebih tipis dan bagus dibanding dengan menggunakan pisau.

Buang juga ya bagian yang busuk atau cacat agar kelak kamu memperoleh hasil yang sempurna.

2. Rendam kentang semalaman

Enak dan Anti Gagal! 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McDIlustrasi kentang direndam dalam air (allrecipes.com)

Setelah kentang dicuci  bersih, masukkan kentang dan air ke dalam wadah. Kemudian rendam selama semalaman di dalam lemari es. Cukup gunakan air mengalir biasa saja, gak perlu menggunakan air panas ataupun air es.

Hal ini perlu dilakukan supaya kamu nantinya mendapatkan hasil akhir seperti yang diinginkan layaknya kentang goreng  McD. Setelah direndam semalaman, baru deh keluarkan kentangnya dari dalam kulkas.

Baca Juga: Cara Membuat Martabak Manis Empuk dan Bersarang, 6 Tips Anti Gagal

3. Potong kentang secara presisi

Enak dan Anti Gagal! 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McDIlustrasi potongan kentang secara presisi (fromscratchfast.com)

Supaya nanti saat digoreng lebih merata usahakan potong kentang dengan ukuran panjang yang presisi, ya. Pasalnya bila kamu memotong terlalu besar akan lebih lama matangnya dan apabila terlalu kecil akan lebih cepat gosong saat digoreng.

Ukuran yang gak presisi ini membuat hasil gorenganmu nanti kurang sempurna. Oleh karenanya gak perlu tergesa dan usahakan memotong kentang secara presisi, ya.

4. Beri bumbu rahasia agar aroma kentang hilang

Enak dan Anti Gagal! 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McDIlustrasi bawang putih cincang (thespruceeats.com)

Ini dia salah satu bumbu rahasia untuk menghilangkan aroma kentang. Kamu hanya perlu menyiapkan  sekitar 2-3 siung bawang putih dan garam.

Kupas bawang putih, memarkan, kemudian cincang halus. Lalu campurkan bersama kentang dengan cara direbus sebentar, ya. Jangan sampai terlalu lama karena dikhawatirkan kentang akan lembek dan rawan patah.

5. Taburi dengan tepung

Enak dan Anti Gagal! 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McDIlustrasi gambar tepung (bakingbusiness.com)

Bilas kentang dengan air bersih lalu campurkan sekitar 2 sendok makan tepung maizena, 5-6 sendok makan tepung tapioka, sedikit garam,  serta 2 sendok makan bumbu tabur. Aduk semua bahan bersama kentang hingga tercampur rata. Diamkan beberapa saat. Boleh juga dimasukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Barulah kentang siap untuk digoreng.

Dijamin enak dan anti gagal. Selamat mencoba, ya. Itu tadi beberapa tips membuat kentang ala McD. Gampang banget, kan? 

Baca Juga: Isian Super Tebal! Martabak Legendaris Jakarta Kini Hadir di Lampung

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul Inilah 5 Tips Membuat Kentang Goreng ala McD yang Enak dan Anti Gagal

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya