Comscore Tracker

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Ini

Benar-benar bikin nostalgia jaman dulu

Salah satu kenangan di masa kecil yang tak mudah terlupa oleh kita adalah kehadiran sederet camilan berikut. Camilan ini sering menjadi teman menonton kartun di Minggu pagi.

Gak jarang kita juga akan selalu berpesan kepada Ibu untuk membelikan beberapa camilan saat beliau hendak pergi ke pasar, bukan? Meski sederhana, tapi kenangan bersama camilan berikut tak akan mudah terhapus dari ingatan.

Tapi tenang saja, kamu masih bisa bernostalgia dengan aneka camilan jadul berikut. Karena sederet camilan ini ternyata masih eksis hingga sekarang. Penasaran apa saja camilan jadul yang dimaksud? Simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Gem rose

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/rondut

Gak lengkap rasanya bila gak menyertakan gem rose sebagai salah satu camilan jadul yang masih eksis hingga sekarang. Sebagian orang menyebut camilan satu ini dengan nama biskuit kembang gula. Di mana pada bagian bawah terdapat biskuit bulat dan di atasnya dihiasi dengan topping gula warna-warni.

Rasanya manis dan juga gurih banyak disukai oleh orang-orang. Ada yang suka keduanya, ada yang suka biskuitnya saja, ada pula yang hanya suka topping gulanya. Kalau kamu, paling suka yang mana?

2. Kacang atom

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/aldianto105

Kacang atom merupakan salah satu camilan gurih di mana terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung berbumbu. Bentuknya bulat-bulat kecil. Kacang atom punya cita rasa yang gurih sehingga membuat banyak orang ketagihan untuk selalu menikmatinya.

Bahkan, tak jarang kita telah habis banyak tanpa kita sadari. Camilan yang satu ini masih eksis hingga sekarang dan mudah kamu temukan di mana saja. Kini ada pula beberapa varian seperti kacang atom pedas.

Baca Juga: Gemas! 10 Potret Lawas Penyanyi Cilik Era 90an Sukses Bikin Nostalgia

3. Telur gulung

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/telurgulunglegend69

Camilan yang satu ini sering dijual di depan SD. Terbuat dari campuran telur dan air kemudian dimasak dalam api panas dengan minyak dalam jumlah banyak. Lalu digulung menggunakan tusuk sate. Biasanya disajikan bersama dengan saus cabai.

Rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukai camilan yang satu ini. Beberapa tahun ke belakang camilan yang satu ini kembali eksis, lho. Bahkan muncul aneka varian yang dikemas dengan lebih variatif serta kekinian.

4. Kue cubit

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/md206_photography

Sekilas bentuknya mirip kue pukis atau bahkan martabak mini. Namun, ukuran kue cubit lebih kecil. Camilan yang satu ini juga terbut dari campuran susu serta tepung terigu. Dulu, camilan yang satu ini banyak dijajakan di depan sekolah.

Topping utama kue cubit kala itu hanya sebatas meses. Namun seiring berkembangnya zaman, kue cubit, kembali eksis dengan aneka varian topping mulai dari green tea hingga keju. Kalau kamu lebih suka kue cubit jadul atau versi sekarang, nih?

5. Gulali

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/chachaaii

Berbeda dengan gulali yang berbentuk bulat aneka warna, gulali jadul umumnya berwarna merah atau hijau. Bahan baku utamanya adalah gula yang dipanaskan. Lalu kemudian sang penjual akan membentuk gula ini menjadi aneka bentuk seperti hewan ataupun bunga.

Kemudian ditusuk menggunakan stik kayu. Uniknya lagi, gulali akan mengeras dengan sendirinya. Hingga kini camilan ini masih tetap eksis, lho.

Baca Juga: 12 Momen Lawas Pernikahan Artis, Jadul tapi Penuh Kenangan

6. Mie lidi

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/sakura_snack

Camilan yang satu ini masih eksis hingga sekarang, lho. Jika dulu terbatas hanya dijual dalam kemasan plastik es lilin maka saat ini kamu bisa mendapatkan mie lidi dengan kemasan yang lebih banyak yakni menggunakan kemasan wadah kotak makan.

Meski saat ini sudah terdapat aneka varian rasa tapi, pasti kamu setuju jika varian orginial yakni asin dan juga pedas tetap paling lezat. Tak perlu menunggu jajan di kantin sekolah, di e-commerce sekarang sudah banyak yang menjual camilan ini, nih.

7. Pilus sakura

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/griyajajan.mlg

Ada dua jenis varian pilus sakura yang beredar di pasaran yakni yang berwarna kuning kecoklatan dengan cita rasa gurih manis, dan juga varian warna-warni dengan cita rasa asin.

Camilan yang satu ini memang paling cocok untuk menemani kita menonton film atau televisi di akhir pekan. Bentuknya juga unik yaitu berbentuk bunga-bunga. Kalau kamu sendiri, lebih suka varian yang kuning kecoklatan atau yang warna-warni?

8. Permen jelly

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/dapoersikoko

Rasanya manis dan sedikit asam, ketika dikunyah ada sensasi kenyal dalam tiap gigitan. Biasanya permen jelly hadir dalam aneka warna. Umumnya, warna yang terdapat pada jelly juga menentukan rasa apa yang ada di dalamnya.

Ada rasa stroberi, jeruk, melon, lemon, dan juga anggur. Camilan yang satu ini sekarang sudah mudah kita jumpai dalam keseharian. Lain halnya dengan jaman dulu, kita harus menunggu saat lebaran tiba baru bisa menikmati permen yang satu ini.

9. Rambut nenek

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/helloindahkitty

Dinamakan rambut nenek karena semula warna camilan yang satu ini memang berwarna putih menyerupai rambut nenek. Nama asli rambut nenek adalah arbanat dan merupakan salah satu camilan khas yang berasal dari Jawa Timur.

Sensasi unik dapat kita rasakan saat perlahan rambut nenek mulai melebur di dalam mulut. Kini rambut nenek sudah hadir dalam aneka varian warna. Namun tetap saja rambut nenek dengan varian original tetap jadi juaranya.

10. Grubi

Mana Favoritmu? 10 Camilan Jadul Masih Eksis hingga Saat Iniinstagram.com/eatbychicilia

Camilan terakhir yaitu grubi. Di berbagai daerah terdapat beberapa nama lain untuk penyebutan grubi mulai dari carang mas, kremes, kremes manis, walangan, hingga ceker ayam. Grubi sendiri merupakan camilan yang terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula jawa. Rasanya manis dan juga gurih.

Tak jarang, ada sedikit tekstur lengket karena gula jawa yang kita rasakan saat menikmatinya. Camilan jadul yang satu ini masih eksis hingga sekarang, lho. Bentuknya bervariasi ada yang seperti bola ada juga yang bundar pipih. Apapun bentuknya rasanya tetap sama nikmatnya, kok.

Itulah tadi sederet camilan jadul yang masih eksis hingga sekarang. Kalau kamu sendiri paling suka yang mana berdasarkan daftar di atas?

Baca Juga: 10 Potret Jadul Artis Cewek Tuai Pujian! Manisnya Gak Luntur

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Annisa Nur Fitriani di IDN Times Community dengan judul 10 Camilan Jadul yang Masih Eksis hingga Saat Ini, Mana Favoritmu?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya