Comscore Tracker

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendang

Bikin lahap dan nambah nasi saat makan!

Siapa sih yang gak tahu rendang? Gak cuma #DiIndonesiaAja rendang terkenal, bahkan situs berita dunia, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak nomor satu di dunia. Bahkan Chef Gordon Ramsay yang terkenal pun sampai rela terbang jauh ke Sumatera Barat untuk belajar cara memasak rendang lho.

Rendang emang jadi makanan idola banyak orang kala memutuskan isi perut di restoran Padang. Namun tahukah kamu, selain rendang ternyata banyak banget lauk enak yang bisa kamu coba atau malah wajib kamu coba kalau ke restoran Padang. Apa itu? Simak rekomendasinya berikut ini ya.

1. Telur dadar

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendanginstagram.com/dapurbekal

Jangan anggap remeh lauk satu ini kalau makan di restoran Padang. Meski nampak seperti menu harian di rumah, percaya deh kalau telur dadar ala Padang itu beda sama lainnya.

Telur dadar ala Padang beda karena ada campuran tepung terigu, irisan daun bawang, cabai merah, serta kelapa parut sangrai yang membuatnya jadi lebih tebal dan enak kala dimakan bareng sama nasi dan bumbu-bumbu khas nasi Padang.

2. Cincang

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendanginstagram.com/rm.bahagiaminang

Kalau kamu penikmat masakan Padang, gak afdal rasanya kalau belum makan cincang ini. Cincang adalah gulai yang berbahan daging berlemak.

Sama seperti masakan Padang pada umumnya, cincang pasti menggunakan kuah santan dan cabai untuk memberikan rasa yang kaya. Warnanya yang kemerahan dan berminyak pasti bikin kamu gak cukup makan 1 nasi, minimal wajib 2 nasi deh!

Baca Juga: Mengulik Makanan Khas Lampung, Bikin Ngiler Pecinta Kuliner

3. Tunjang 

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendanginstagram.com/jajananfarah

Sama seperti cincang, tunjang adalah lauk di rumah makan Padang yang wajib kamu cobain. Berbentuk gulai, bedanya tunjang dengan cincang adalah penggunaan dagingnya.

Jika cincang, bagian daging apapun bisa dipakai asalkan berlemak. Kalau tunjang (sesuai namanya) harus menggunakan kikil sapi. Teksturnya yang kenyal dengan kuah santan pekat, bikin nasi dan sayuran nangka serta daun singkong di piringmu bakal sempurna.

4. Ayam pop 

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendanginstagram.com/angkytan

Bagi kamu yang gak terlalu suka rendang daging, jangan sedih. Karena saat menyantap makanan di rumah makan Padang maka kamu wajib pesan ayam pop.

Ayam ini unik karena digoreng tapi penampilannya putih pucat. Hal ini karena ayam pop biasa menggunakan bumbu yang berbeda dengan ayam goreng dari daerah lainnya.

Untuk membuat ayam pop, bahan yang perlu disiapkan yakni air jeruk nipis, daun salam, lengkuas, air kelapa, bawang merah dan bawang putih. Penampakannya yang pucat emang menipu, padahal rasanya amboy bikin pengen nambah nasi berkali-kali.

5. Gulai otak 

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendanginstagram.com/gastrofundamental

Wahai pencinta jeroan, jangan lupa untuk cobain lauk ini kalau makan ke rumah makan Padang ya. Gak kalah nendang dari rendang, gulai otak sangat cocok dinikmati di jam istirahat siang.

Namun bagi kamu yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, wajib hati-hati ya mengonsumsi gulai dengan nama lain banak ini. Fyi, sama seperti rendang, gulai otak alias banak ini dimasak dengan metode slow cook juga lho!

6. Dendeng batokok

6 Rekomendasi Lauk Nasi Padang Tak Kalah Nikmat dari Rendanginstagram.com/makankalap

Kalau pengin makan daging tapi gak yang tebal kayak rendang, maka dendeng batokok adalah pilihan tepat. Lauk satu ini memang diolah setipis dan digoreng sekering mungkin lalu dibumbui dengan sambal lado mudo.

Buat yang belum tahu, batokok ini sebenarnya istilah dalam bahasa Minang yakni dipukul. Jadi, daging sebelum dimasak akan dipotong dan dipukul agar menjadi setipis mungkin.

Haduh, jadi ngiler sendiri membayangkan lauk-lauk ini. Jadi berasa pengin segera lari ke rumah makan Padang dan pesan semuanya biar bisa nikmati masakan #WonderfulIndonesia yang gak kalah nikmat dan kaya rasa dari masakan luar negeri.

 

Baca Juga: 10 Potret Pamer Makanan di Status Medsos Berakhir Gagal Pamer

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Adelia Putri di IDN Times Community dengan judul 6 Lauk Nasi Padang yang Tidak Kalah Nikmatnya dari Rendang 

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya