Comscore Tracker

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik 

Cita rasanya seunik namanya!

Indonesia memang terkenal memiliki beragam kuliner yang melimpah dan kaya akan rasa. Bahkan saking beragamnya berbagai jenis kuliner khas Indonesia, rasanya gak akan pernah puas jika hanya menikmati cuma sekali kuliner khas di daerah tersebut.

Gak hanya itu, kuliner di beberapa daerah Indonesia juga punya nama yang unik, lho. Mau tahu apa saja? Yuk, simak beberapa makanan khas Nusantara yang punya nama unik di bawah ini!

1. Kerupuk melarat

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/jastip_eat

Makanan khas Indonesia pertama yang punya nama unik ialah kerupuk melarat. Kerupuk melarat merupakan makanan khas Cirebon yang terbilang unik dalam proses penggorengan, yakni tidak menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir.

Namun pasir yang digunakan tidaklah sembarangan pasir, karena pasir yang digunakan telah melewati proses pengayakan dan dijemur sehingga menghasilkan pasir yang berkualitas sehingga sangat cocok digunakan untuk pengganti minyak.

2. Nasi kucing

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/sari.jasmine

Angkringan memang identik dengan kota Solo dan Jogja. Angkringan merupakan tempat makan yang menjual beragam sajian kuliner, salah satunya nasi kucing.

Nasi kucing identik disajikan dengan pelengkap lauk seperti gorengan, sate usus, sate telur puyuh, ceker, serta kepala ayam goreng. Dengan disajikan beragam lauk pelengkap, maka gak heran nasi kucing banyak diburu oleh para penikmat kuliner malam.

3. Kue ketawa

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/srimulyaniyosohartono

Kue ketawa khas Pemantang Siantar ini memang mirip seperti onde-onde yang diselimuti banyak wijen dibagian kulit luarnya. Namun sebenarnya kue ketawa berbeda dengan onde-onde karena kue ketawa memiliki tekstur renyah yang merekah mirip seperti mulut orang yang sedang tertawa.

4. Lidah kucing

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/indokufood.sg

Berbeda dengan camilan kuku macan, salah satu jenis kue kering yang satu ini memang biasa disajikan saat lebaran. Ya, lidah kucing merupakan jenis kue kering yang punya tekstur tipis namun memiliki cita rasa gurih dan renyah. Kue lidah kucing juga hadir dengan beragam varian rasa cokelat dan keju. 

5. Kuku macan

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/nomdicted

Makanan yang satu ini gak segarang namanya, lho. Ya, kuku macan merupakan makanan khas Balikpapan yang punya cita rasa gurih dan tekstur yang garing renyah. Namun sangat disayangkan, untuk menikmati camilan ini kamu hanya bisa menjumpainya saat berkunjung ke Balikpapan. Karena camilan ini susah didapat di luar daerah Balikpapan.

Baca Juga: Kaldu Kental dan Bikin Nagih, 5 Kedai Soto Lezat di Lampung 

6. Tahu gimbal

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/vivin_sugiana

Buat kamu penikmat kuliner khas Semarang kamu pasti gak asing dong dengan salah satu makanan yang satu ini yakni tahu gimbal. Tahu gimbal dibuat dari bahan dasar tahu goreng, irisan kol, lontong, tauge, telur goreng, dan gimbal yang mirip dengan rempeyek udang.

Selain itu tahu gimbal biasa disajikan dengan disiram menggunakan bumbu kacang. Memang tahu gimbal hampir mirip seperti pecel, namun tahu gimbal memiliki cita rasa bumbu yang khas. 

7. Sate kere

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/gembulfoodie

Salah satu kuliner tradisional khas Solo yang gak boleh kamu lewatkan adalah sate kere. Meski makanan yang satu ini terlihat sederhana, namun cita rasa dari sate kere ini dijamin deh gak bakal bisa kamu tolak. Sate kere dibuat dengan bahan dasar tempe gembus yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu.

Gak hanya dibuat dari tempe gembus, sate kere juga bisa dibuat dari daging jeroan sapi. Untuk menambah kelezatan cita rasa sate kere, sate kere biasanya disajikan dengan bumbu kacang sebagai pelengkap sate. 

8. Nasi kentut

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/kreatifood

Salah satu makanan unik yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Medan adalah nasi kentut. Nasi kentut merupakan nasi yang disajikan dengan berbagai lauk yang dibungkus menggunakan daun kentut. Walaupun makanan ini punya nama yang unik, tapi cita rasa yang dimiliki tetap bikin nagih. 

9. Kerak telor

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/cracktelur

Kerak telor ialah camilan jadul khas Betawi yang memiliki cita rasa gurih dan legit. Nah, hal unik dari pembuatan kerak telor adalah cara membuatnya yang menggunakan wajan yang telah berisi adonan kemudian dibalik menghadap ke panas arang dan dibiarkan hingga menjadi kerak.

10. Kue tete

Sudah Tahu Belum? 10 Makanan Khas Indonesia Namanya Unik instagram.com/koh_aming

Makanan unik yang bisa kamu cicipi ialah kue tete atau yang biasa disebut dengan kue ape. Kue tete merupakan camilan manis khas Betawi yang punya bentuk lebar dan terdapat bagian berwarna hijau di bagian tengah. Kue tete dibuat dari tepung terigu dan tepung beras dengan diberi pewarna hijau dari pasta daun pandan.

Nah, gimana unik-unik bukan nama kuliner khas Nusantara dari berbagai daerah di atas? Jadi adakah beberapa makanan di atas yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 7 Tempat Makan Enak Pempek Palembang di Bandar Lampung

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Amir Rosadi di IDN Times Community dengan judul 10 Makanan Khas Indonesia yang Punya Nama Unik, Sudah Tahu Belum?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya