Comscore Tracker

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? 

Bikin gak tahan pengin makan terus! #LokalIDN

Jajanan tradisional Indonesia banyak sekali ragamnya. Ada yang terbuat dari pisang, ada yang dari singkong, ada yang rasanya gurih, ada juga yang manis. Gak akan ada habisnya, deh, kalau dibahas.

Nah, kali ini kita akan membahas jajanan tradisional yang berbahan dasar ketan. Meski biasanya jajanan dari ketan lengket di tangan, penikmatnya tetap banyak, lho. Mereka merelakan tangan mereka lengket-pengket demi merasakan rasa legit yang selangit.

Apa sajakah jajanan-jajanan yang terbuat dari ketan tersebut? Yuk, mari kita cicipi bersama-sama!

1. Wajik Ketan

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Genpi.com

Dikenal di Jawa Tengah dengan nama wajik ketan, jajanan tradisional ini berbentuk belah ketupat atau jajar genjang. Bahan dasarnya adalah beras ketan yang dikukus lalu dimasak dengan campuran santan dan gula merah hingga berminyak dan terasa lembut.

Karena pemakaian gula merah inilah wajik ketan berwarna kecokelatan dan terasa manis. Kue wajik biasanya juga berbau harum karena dalam pengolahannya menggunakan daun pandan.

2. Lemper

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Wikipedia.org

Jajanan berbahan dasar ketan selanjutnya adalah lemper. Penganan favorit pengisi snack box ini berisikan cincangan daging ayam ataupun abon sapi. Bahan daging tersebut dibungkus dengan ketan, dibungkus lagi dengan daun pisang, lalu dikukus. Ketan yang digunakan tentu saja sudah dimasak terlebih dahulu bersama santan agar lebih terasa legit. 

Baca Juga: Gak Nyangka, Hewan Berbahaya Ini Ternyata Jadi Makanan Khas Lampung

3. Klepon

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Yummy.co.id

Penganan klepon tentu tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Jajanan tradisional ini berbentuk bola-bola dengan gula merah cair di dalamnya. Bahan dasar pembuatnya adalah tepung ketan dan tepung beras yang diuleni hingga kalis. Adonan yang telah diisi cairan gula merah lalu direbus sampai matang.

Dengan taburan kelapa parut dan wadah berupa daun pisang, sajian klepon sangat menggoda. Apalagi, sensasi gula merah legit yang lumer ketika klepon digigit. Gak ada yang bakal menolak untuk memakannya, deh!

4. Lepet

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Yummy.co.id

Selanjutnya, ada penganan Lepet atau Leupeut dalam bahasa Sunda. Ini adalah jajanan tradisional dari beras ketan yang dicampur kacang, dan dimasak dalam santan, kemudian dibungkus daun janur.

Populer disantap sebagai kudapan, lepet sangat mirip lemper dan lontong. Perbedaannya ada pada tekstur lepet yang lebih liat dan lengket karena menggunakan beras ketan. Meskipun lebih lengket, penikmat lepet tetap banyak karena perpaduan rasa gurih dan legit yang dimilikinya.

5. Tapai Ketan

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Yummy.co.id

Tapai ketan menduduki posisi kelima. Sesuai namanya, jajanan ini merupakan tapai yang terbuat dari beras ketan, baik yang hitam maupun putih. Cara memasaknya adalah dengan dikukus kemudian dibubuhi ragu. Lalu, adonan itu dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang agar tidak terkena udara selama 2-4 hari. Setelah 2-4 hari, tapai berair dan siap dimakan atau digunakan sebagai campuran minuman seperti es dawet.

6. Gemblong

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Medium.com

Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Kemudian adonan dibentuk bulat dan digoreng, setelah dingin dilapisi dengan larutan gula aren. Rasa gurih dari proses penggorengan dan rasa manis dari larutan gula aren berpadu menciptakan sensasi yang tak ada duanya.

7. Jadah

Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan, Ada Favoritmu? Visitmagelang.id

Terakhir, kita punya jajanan bernama Jadah. Terbuat dari beras ketan, Jadah memiliki warna putih, bertekstur keyal, dan sedikit lembek serta lengket. Rasa penganan ini tidak hanya manis, tetapi juga gurih karena beras dimasak dengan tambahan parutan kelapa, gula, daun salam, daun pandan, dan sedikit garam.

Setelah matang, daun pandan dan daun salam dibuang, sementara beras ketan ditumbuk dalam lumpang. Setelah halus, tumbukan beras ketan dihamparkan di atas wadah lalu dipadatkan dengan tangan dan dipotong sesuai keinginan.
 
Nah, kamu sudah pernah mencoba semua jajanan berbahan ketan di atas belum? Yang mana, nih, penganan favoritmu? Komen di bawah, ya!

Baca Juga: Lima Mie Ayam Legendaris di Bandar Lampung, Makan Nagih Terus

Artikel ini pertama kali ditulis oleh R Damanhuri di IDN Times Community dengan judul Lengket Tapi Legit, 7 Jajanan Tradisional dari Ketan Asli Indonesia

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya