Comscore Tracker

Fakta Unik Lampung Begawi Digelar BI Lampung di Lapangan Saburai

Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Bandar Lampung, IDN Times -  Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan para pemangku kepentingan terkait menyelenggarakan Lampung Begawi. Kegiatan ini digelar di Lapangan Enggal, Kota Bandar Lampung 19-21 Agustus 2022 pukul 09.00—21.00 WIB.

Berikut IDN Times rangkum fakta unik kegiatan ini. 

Baca Juga: Ekonomi Lampung Triwulan II 5,22 Persen, Ini Catatan Khusus Kepala BI

1. Usung tema Bangga Buatan Lampung

Fakta Unik Lampung Begawi Digelar BI Lampung di Lapangan SaburaiLampung Begawi. (Instagram.com/bank_indonesia_kpwlampung).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiyono mengatakan, Lampung Begawi tahun ini mengusung tema “Hanggum Sani'an Lappung” atau berarti Bangga Buatan Lampung. Lampung Begawi terdiri dari serangkaian kegiatan ditujukan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi daerah melalui pengembangan UMKM, investasi, ekonomi digital, dan ekonomi syariah.

"Pada event Lampung Begawi ini, terdapat pameran lebih dari 100 UMKM food, fashion, craft and culinary telah melalui proses kurasi. Mayoritas peserta merupakan hasil pendampingan Bank Indonesia dalam pemasaran digital dan pelatihan lainnya," ujarnya, Sabtu (20/8/2022).

Selain berbelanja di booth UMKM, masyarakat juga dapat mengunjungi booth layanan dan konsultasi mengenai Wuick Response Code Indonesian Standard (QRIS), perbankan, perizinan terkait produk UMKM, sertifikasi Halal dan layanan zakat, infak dan sedekah, disediakan oleh lembaga terkait.

Budiyono menambahkan, sebagai upaya mendorong pengembangan UMKM secara end to end melalui pilar peningkatan kapasitas dan pembiayaan dikemas dalam talkshow menarik di berbagai forum edukasi dengan beragam substansi di antaranya sertifikasi, pembiayaan, digitalisasi, ekspor, green product, dan investasi menuju UMKM Lampung semakin naik kelas.

2. Bisa tukar uang

Fakta Unik Lampung Begawi Digelar BI Lampung di Lapangan SaburaiKantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung mengelar penukaran uang Rupiah di halaman parkir depan kantor BI, Rabu (27/4/2022). Jadwal layanan 27-28 April 2022. (IDN Times/Martin L Tobing).

Lampung Begawi dibuka Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono. Saat opening ceremony, terdapat prosesi penyerahan sertifikat halal serta penandatanganan akad kredit sebagai bentuk hasil pendampingan Kpw BI berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait dalam rangka pengembangan UMKM.

Selain itu, dilakukan juga prapencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) sebagai aksi gerak cepat pengendalian inflasi pangan. Itu ditandai gerakan urban farming 77.000 bibit cabai kepada KWT di Provinsi Lampung.

Sebagai bentuk kepedulian sosial dan penyediaan Rupiah layak edar, event ini juga
menyediakan layanan donor darah dan penukaran uang termasuk uang Rupiah kertas baru tahun emisi 2022.

3. Ada lomba cerdas cermat kebanksentralan

Fakta Unik Lampung Begawi Digelar BI Lampung di Lapangan SaburaiKantor BI Perwakilan Provinsi Lampung. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Dalam rangka menyemarakkan event ini, dilaksanakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat
Kebanksentralan. Program ini ditujukan untuk generasi muda.

Ada juga kegiatan fashion show sebagai sarana pameran produk fesyen unggulan. Selan itu business matching untuk mendorong ekspor, dan lomba story telling Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah, serta berbagai kegiatan dan perlombaan terkait lainnya.

Seluruh pembayaran di tenant juga wajib dilakukan secara non tunai menggunakan ORIS untuk mendukung perluasan dan peningkatan utilisasi ORIS serta mendukung Pekan ORIS Nasional (PON) di Provinsi Lampung.

Lampung Begawi ini terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada media sosial resmi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung @Bank Indonesia KPwLampung.

Baca Juga: Gubernur Lampung Terima Uang Baru 2022, Nomor Seri Tahun Kelahiran!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya