5 Jenis Olahraga Bisa Kamu Lakukan Sendiri, Cocok Buat Introvert!

Beberapa diantaranya bisa dilakukan di rumah!

Intinya Sih...

  • Yoga mengkombinasikan gerakan tubuh, teknik pernafasan, meditasi atau relaksasi
  • Lompat tali menguatkan sendi dan otot di area pergelangan kaki serta menyehatkan jantung
  • Jogging memperkuat tulang dan otot, menambah stamina, disarankan menggunakan pakaian yang nyaman

Beberapa olahraga yang populer di Indonesia adalah basket, futsal, voli dan bulu tangkis. Seluruh olahraga ini memerlukan lebih dari satu orang karena merupakan permainan tim melawan tim atau individu melawan individu. Misalnya, pada futsal membutuhkan minimal 10 orang untuk permainan 5 lawan 5.

Namun, bagaimana jika kamu ingin berolahraga namun tidak ada teman atau saudara yang bisa diajak untuk bermain bersama? Mau tidak mau, olahraga individu yang bisa dilakukan sendiri menjadi jawabannya. Berikut 5 olahraga individu bisa kamu lakukan sendiri tanpa orang lain!

1. Yoga

5 Jenis Olahraga Bisa Kamu Lakukan Sendiri, Cocok Buat Introvert!Ilustrasi Yoga (health.com)

Yoga merupakan olahraga mengkombinasikan dua hal yakni pikiran dan tubuh. Berbagai gaya yoga menggabungkan gerakan tubuh, teknik pernafasan, meditasi atau relaksasi. Yoga disebut baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Yoga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Misalnya, kamu ingin melakukannya setelah bangun pagi atau setelah pulang beraktivitas, bisa saja. Untuk gerakan, kamu tidak perlu pusing. Ada banyak video gerakan yoga yang bisa kamu coba di YouTube. 

2. Lompat tali

5 Jenis Olahraga Bisa Kamu Lakukan Sendiri, Cocok Buat Introvert!Ilustrasi Lompat Tali (cosmopolitan.com)

Lompat tali merupakan salah satu olahraga cukup populer di Indonesia. Olahraga ini cukup mudah dilakukan karena gerakannya hanya mengibaskan tali dan melompat. Memang mudah, namun ada tekniknya agar gerakan ini lebih efektif untuk kesehatan.

Olahraga ini dapat menguatkan sendi dan otot di area pergelangan kaki. Selain itu, olahraga ini juga bisa untuk menyehatkan jantung. Kamu bisa menggunakan karet gelang yang disambungkan sesuai panjang yang diinginkan atau langsung membeli alatnya saja.

Baca Juga: Catat! Ajang Surfing Internasional WSL Krui Pro 2024 Segera Hadir

3. Jogging

5 Jenis Olahraga Bisa Kamu Lakukan Sendiri, Cocok Buat Introvert!Ilustrasi Jogging (healthnews.com)

Jogging adalah salah satu olahraga paling mudah dilakukan. Namun, jogging dan lari sedikit berbeda walau caranya sama. Untuk jogging, intensitas kecepatannya antara sedang atau pelan dengan durasi yang lebih lama.

Jogging bermanfaat untuk menjaga berat badan, memperkuat tulang dan otot, serta menambah stamina. Saat jogging, disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan sepatu. Kegiatan jogging akan mengeluarkan banyak keringat, jadi sebaiknya pakailah pakaian yang menyerap keringat.

4. Angkat beban

5 Jenis Olahraga Bisa Kamu Lakukan Sendiri, Cocok Buat Introvert!Ilustrasi Angkat Beban (mirafit.co.uk)

Akhir-akhir ini, olahraga angkat beban cukup populer. Olahraga angkat beban bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan menambah massa otot. Kamu bisa menggunakan beban seperti barbel, dumbell atau dengan berat badan sendiri.

Olahraga angkat beban bisa dilakukan di rumah atau di gym. Jika di gym, banyak alat yang bisa kamu gunakan, beratnya pun bervariasi. Namun, jika di rumah, bebannya terbatas. Kamu bisa menggunakan tas yang diisi beban seperti buku, botol air atau barang berat lainnya. Selain itu, bisa juga menggunakan berat badan sendiri seperti push up, squat dan plank.

5. Berenang

5 Jenis Olahraga Bisa Kamu Lakukan Sendiri, Cocok Buat Introvert!Ilustrasi Berenang (staminade.com.au)

Olahraga satu ini mungkin tidak bisa dilakukan di rumah. Jika rumahmu ada kolam pribadi, maka kamu bisa melakukannya di rumah. Namun, kebanyakan orang akan pergi ke kolam renang umum dan berenang di sana.

Renang merupakan salah satu olahraga yang perlu dilatih dahulu. Tidak semua orang bisa langsung mengapung dan menggerakan kaki dan tangannya. Namun, olahraga ini kerap kali tidak memerlukan alat bantu atau perlengkapan tambahan.

Semua olahraga bertujuan untuk menggerakan anggota tubuh. Meski begitu, jangan memaksakan kemampuan kamu. Misalnya, jika hanya sanggup mengangkat beban 5 kg, jangan memaksa untuk menambah karena berpotensi cedera. Sebaiknya, perlahan saja untuk menaikkan bebannya. Apakah kamu sudah berolahraga?

Baca Juga: Ada 6 Kasus Tiap Hari Kekerasan Perempuan dan Anak di Lampung 

William Tanamal Photo Community Writer William Tanamal

Penyuka Anime Semua Genre, Terutama SoL, Comedy, Music, Romance Kadang Bahas Otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya