Terbang Perdana 12 Mei, Jemaah Haji 2024 Asal Lampung Dibagi 19 Kloter

Kloter pertama CJH asal Bandar Lampung

Intinya Sih...

  • Kantor Wilayah Kemenag Lampung umumkan 7.253 Calon Jemaah Haji (CJH) akan terbagi menjadi 19 kloter terbang.
  • Keberangkatan kloter dilakukan dalam dua gelombang, dengan total ada 19 kloter CJH asal Lampung.
  • Rata-rata jumlah CJH dalam satu kloter sekitar 393 bersama petugas haji, fasilitas dan pengecekan syarat keberangkatan disiapkan.

Bandar Lampung, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung mengumumkan sebanyak 7.253 Calon jemaah haji (CJH) 1445 Hijriah/2024 M asal Provinsi Lampung akan terbagi menjadi 19 kelompok terbang (Kloter).

Keberangkatan belasan kloter tersebut telah dijadwalkan dalam dua gelombang dilakukan berangsur mulai 11 Mei 2024 mendatang.

"Jadi ada dua gelombang, 10 kloter di gelombang pertama dan 9 kloter di gelombang kedua. Sehingga total ada CJH asal Lampung di tahun ini ada 19 kloter," ujar Kabid Pengadaan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Lampung, Ansori F Citra saat dikonfirmasi, Senin (6/5/2024).

Baca Juga: Sampai 2024, Daftar Tunggu Haji di Lampung Capai 150 Ribu Orang

1. Kloter pertama seluruhnya CJH Bandar Lampung

Terbang Perdana 12 Mei, Jemaah Haji 2024 Asal Lampung Dibagi 19 KloterIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Ansori menjelaskan, kloter pertama dari Lampung akan masuk Asrama Haji 11 Mei mendatang. Para jemaah asal Kota Bandar Lampung ini dijadwalkan menuju ke Madinah dari Bandara Soekarno-Hatta pada 12 Mei pukul 06.00 WIB.

Kemudian kloter 2 akanmasuk Asrama Haji yakni CJH asal Kabupaten Lampung Tengah, kloter 3 (Lampung Timur), kloter 4 (Lampung Utara), kloter 5 (CJH Pringsewu gabungan Tulang Bawang, dan Bandar Lampung), kloter 6 di 18 Mei (CJH Lampung Selatan),

"Memasuki 19 Mei, masuk kloter 7 dan 8 asal JCH Bandar Lampung ditambah sisa JCH Lampung Selatan. Berikutnya JCH Lampung Tengah lagi dalam dua kloter sisa di gelombang pertama," terangnya.

2. Setiap kloter diisi 393 CJH bersama petugas haji

Terbang Perdana 12 Mei, Jemaah Haji 2024 Asal Lampung Dibagi 19 KloterIlustrasi ibadah umrah dan haji (Pexels.com/Zawawi Rahim)

Memasuki penjadwalan keberangkatan gelombang dua, Ansori melanjutkan, kloter 11 akan berangkat CJH asal Lampung Timur, kloter 12 (Kota Metro ditambah sisa Lampung Timur), kloter 13 (Bandar Lampung dan Lampung Tengah), dan disusul kloter 14 (Way Kanan ditambah Tulangbawang Barat).

Selanjutnya kloter 15 (Tanggamus dan Pringsewu). Kemudian kloter 16 (Mesuji dan sisa Lampung Utara). kloter 17 (Bandar Lampung), kloter 18 (Pesisir Barat), dan kloter 19 (Pesawaran).

"Dari penghitungan kami, rata-rata jumlah CJH dalam satu kloter itu sekitar 393 CJH bersama petugas haji," bebernya.

3. Siagakan poliklinik di Asrama Haji

Terbang Perdana 12 Mei, Jemaah Haji 2024 Asal Lampung Dibagi 19 KloterJemah haji pulang ke Tanah Air dari Bandara Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Ansori menambahkan, para CJH masuk ke Asrama Haji akan langsung menerima fasilitas dari panitia, serta dilakukan pengecekan syarat-syarat telah ditentukan dalam keberangkatan.

Pihaknya turut menyiapkan layanan Poliklinik di Asrama Haji, guna memberikan pertolongan pertama kepada para CJH Provinsi Lampung. "Dokumen dipersyaratkan seperti paspor CJH, tidak diserahkan di Asrama Haji, seperti tahun sebelumnya melainkan diberikan saat akan berangkat atau menaiki bus ke bandara," tandasnya.

Baca Juga: Ada 6 Kasus Tiap Hari Kekerasan Perempuan dan Anak di Lampung 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya